Psikologi Pndidikan Menurut Para
Ahli
v Menurut Muhibin Syah (2002)
Psikologi Pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi
yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan.
v Menurut Witherington
Psikologi pendidikan adalah studi sistematis
tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan
manusia.
v Menurut Tardif (dalam Syah, 1997:
13)
Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan
penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
v Menurut Borich & Tombari
(1997)
Psikologi pendidikan ialah satu disiplin yang memfokuskan kajiannya kepada
pengetahuan teoretikal dan pengetahuan empirikal mengenai pengajaran dan
pembelajaran dalam bilik.
v Menurut Banks & Thompson (1995),
Psikologi pendidikan adalah Kajian tentang perlakuan atau tingkah laku
manusia dalam proses pengajaran dan pembelajaran dalam bilik darjah.
v Menurut Poerbakawatja dan Harahap
(Syah, 1997 / hal.8)
Mereka membatasi psikologi sebagai “cabang ilmu pengetahuan yang
mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan jiwa”. Dimana
gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan jiwa tersebut meliputi respon organisme dan
hubungannya dengan lingkungannya. Syah (1997 / hal.9) membuat kesimpulan
tentang pengertian psikologi dari beberapa definisi di atas, dimana psikologi
adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan membahas tingkah laku terbuka dan
tertutup pada manusia, baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya
dengan lingkungan. Lingkungan dalam hal ini meliputi semua orang, barang,
keadaan dan kejadian yang ada di sekitar manusia.
v Menurut Pintner
Psikologi Pendidikan adalah ilmu terapan berusaha untuk menerangkan
masalah belajar menurut prinsip-prinsip dan fakta-fakta mengenai tingkah laku
manusia yang telah di tentukan secara ilmiah.
v Menurut
George A. Miller
Psikologi adalah
ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan dan mengendalikan peristiwa mental
dan tingkah laku.
v Menurut Barlow (Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi
pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang
menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas
seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif.
v Menurut Arthur S. Reber (Syah, 1997 / hal. 12)
Psikologi
pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori
dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
a.
Penerapan
prinsip-prinsip belajar dalam kelas.
b.
Pengembangan dan
pembaharuan kurikulum.
c.
Ujian dan evaluasi
bakat dan kemampuan.
d.
Sosialisasi
proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah
kognitif.
e.
Penyenggaraan
pendidikan keguruan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar